Hobi yang Menghasilkan Uang

Oleh: Eileen Publisher

1526913176746

            Siapa bilang hobi tidak bisa menghasilkan uang? Pada kenyataannya suatu hobi itu dapat menghasilkan uang dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi seseorang. Hal ini tentu tengah dirasakan oleh seorang mahasiswa Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara ini. Ia adalah Ainal Sabri seorang pria yang berasal dari Padang Panjang, Sumatera Barat. Kecintaannya akan budaya Minang telah ia tunjukkan sejak usianya masih 12 tahun. Aktif dalam mempelajari tari berbagai macam alat musik Minang sejak dini, menghantarkan Ainal menjadi seorang pelatih musik Minang saat ini.

            Sering mengikuti kompetisi alat musik Minang di tingkat Provinsi Sumatera Barat, membuat Ainal juga harus berkompetisi di tingkat nasional bahkan internasional. Berbagai macam prestasi yang telah berhasil diukir Ainal membuat dirinya dikenal oleh banyak orang sebagai seorang anak yang telah berhasil mengharumkan daerah Sumatera Barat dan juga Indonesia.

1525752862731            Memulai masa perkuliahan di Tanah Melayu, Medan, Sumatera Utara ternyata tak membuat Ainal lantas melupakan budayanya. Semenjak tinggal di Medan, Ainal malah sering diundang ke beberapa acara formal maupun non-formal untuk mengisi acara baik menjadi pemusik maupun pengiring tari. Dalam beberapa kesempatan, Ainal sering diundang oleh Pemerintahan Daerah Provinsi Sumatera Utara untuk mengisi suatu acara yang dihadiri oleh para pejabat daerah, seperti Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si. Tidak hanya itu saja, Ainal juga sering sekali diundang oleh masyarakat Minang yang ada di Kota Medan untuk mengisi tarian atau pemain musik dalam suatu acara pernikahan. Tentu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, Ainal pun mendapatkan sejumlah uang yang cukup dan dapat ia manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya sehingga ia tidak perlu lagi merepotkan orangtuanya untuk menafkahi dirinya di perantauan.

Picture1

            Berbagai macam prestasi dan penghasilan yang telah didapat Ainal ini berawal dari hobi yang ada di dalam dirinya. Namun, berkat kerajinan dan kerja keras melatih diri membawa Ainal menjadi sosok yang berhasil dan menjadikan hobinya sebagai sarana penghasilannya. Bagi anak muda, sikap Ainal ini patut untuk dicontoh. Cinta akan budaya, mau melestarikannya, sekaligus bisa mendapatkan penghasilan sendiri merupakan satu kesatuan yang komplit dalam mengembangkan citra dan potensi diri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s